Ada Sungai (Danau) di Depan Rumahku…

Hari itu, 17 November 2010 adalah hari raya idul adha bagi muslim di Indonesia (walaupun saya sholat ‘id-nya tanggal 16, :D). Halah… kok malah ngomongin idul adha gak sesuai judule…

kembali ke topik : Sore hari tanggal 17 itu, hujan mengguyur daerah sukatani (Kec. Tapos Kota Depok) dengan lumayan deras. Dan seperti dugaanku, jalanan komplek depan rumahku (seperti biasanya kalau hujan) akan ada air tergenang (bukan banjir lho! -niru gayanya bang foke-), dan memang si, airnya mengalir ke suatu tempat semacam situ (danau). Kalau lagi ndak hujan, air biasanya mengalir melalui saluran pembuangan yang tidak terlalu besar. Dan Kalau hujan, karena debit airnya lumayan buanyak maka meluaplah air itu sehingga terjadilah hal seperti ini…

Tapi, nampaknya kali ini agak “istimewa” karena meluapnya air cukup tinggi. FYI, rumahku kurang lebih 50 cm lebih tinggi dari jalan. Dan air sudah mencapai teras rumah. Bisa dibayangkan sendiri lah berapa ketinggian airnya. Padahal “biasanya” ketinggian air hanya berkisar 20-30 cm.

Huh… ngenes juga ya?
menurut para sesepuh (yang udah tinggal lama disitu), memang daerah rumahku itu sering banjir tapi dulu tidak seperti ini. Dahulu masih cukup terkendali, entah kenapa belakangan makin parah aja. Mau pindah, udah terlanjur disitu (maklum gak punya banyak uang untuk cari yang lebih baik, itupun waktu belinya dah “nyekolahin” SK, duh….).
Alhamdulillah udah punya rumah sendiri walaupun banjir, 🙁
(Alhamdulillah juga, banjirnya gak pernah sampe masuk kedalam rumah). (jiah malah curcol…)

Ah… jadi inget tulisan seorang teman, tentang bagaimana mengelola suatu daerah biar gak banjir. Harusnya memang saluran pembuangan dibuat banyak dan lebar, sehingga ketika hujan, air tidak sempat meluap sampe ke jalanan. Yah.. berhusnudzon saja lah kalau pemerintahnya lagi memikirkan cara menanggulangi “rutinitas” ini.

btw, dalam kondisi apapun jika bersama keluarga enak loh! 😀
Alhamdulillah… Alhamdulillah… Alhamdulillah….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *