Bayar pajak motor [lagi]

Setahun lalu saya pernah cerita tentang pengalaman membayar pajak kendaraan bermotor di ITC Depok (bagi yang belum pernah baca, silakan baca ceritanya disini).  Kali ini, saya ingin bercerita lagi tentang pengalaman kedua membayar pajak motor disana. Lho gak sama tho? Ada sedikit perbedaan disana.

Jadi begini ceritanya….

setelah telat 6 bulan, saya baru meniatkan dan memantapkan diri membayar PKB motor saya. Sebelumnya niatnya sudah ada, sejak sebelum masa pajaknya habis, namun apa daya baru bisa terlaksana beberapa hari yang lalu. Kalau dicerita sebelumnya saya membayar pajak di hari kerja, maka kemarin saya membayar di hari Sabtu, karena saya berfikir sekalian mau ke Gra*edia setelahnya.

Datang di tekape jam 10 kurang dikit lah, saat toko-toko disana sedang berbenah membuka lapaknya. Saya pikir masih sepi, saya berjalan santai ke outletnya. Ternyata saya salah sodara-sodara!!! Disana sudah penuh dengan manusia yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor juga… Huft… untung semua keperluan sudah disiapkan, tinggal masukin saja diloket penerimaan, dan beuh… tumpukannya banyak banget coi… Bismillah saja lah…

Setelah menumpuk berkas, saya mencari-cari tempat duduk yang sekiranya masih kosong, dan bisa ditebak, tidak ad kursi yang kosong. Malah saya melihat ada beberapa bapak-bapak yang ndlosor dilantai, ya sudahlah, tunggu antrian nama dipanggil. 10 menit, 20 menit, 30 menit… belum dipanggil juga hingga 1jam lebih belum dipanggil. Wah jangan-jangan lagi dikerjain nih sama pak petugasnya.

Hingga akhirnya kurang lebih jam 11.15 nama saya akhirnya dipanggil. Alhamdulillah. Tapi eits, dipanggilnya bukan karena sudah harus bayar, tapi karena berkas fotocopy BPKP saya kekecilan. Gak kekecilan si sebenarnya. Saya cuma scan BPKP nya trus saya print di kertas A4, dan petugasnya gak mau terima. Owh… Saya diminta fotocopy lagi dengan ukuran sebenarnya. Oke, done.

Setelah itu selesai, saya diminta lagi untuk menunggu. Sekitar 20 menit kemudian, barulah saya dipanggil benar-benar untuk membayar pajak, Setelah dibayar, dibawa ke loket sebelahnya dan dapetlah bukti pajak STNK yang baru.

Sekedar tips dari saya ketika anda ingin membayar pajak motor di outlet samsat ITC Depok :

  1. Usahakan dateng di hari kerja (Senin – Jumat, kalau Sabtu penerimaan berkas hanya sampai jam 11 katanya)
  2. Dateng pagi, jam 9an atau setengah 10an lah…
  3. Parkir motor/kendaraan dilantai 1, jadi agak naik sedikit, tapi langsung dilantai tempat outletnya
  4. Siapkan berkas, kalau mau fotocopy atau print sendiri, usahakan yang tidak dipekecil. Kalau perlu jangan dipotong-potong juga (kayak KTP dan STNK)
  5. Kalau sedang menunggu, jangan jauh-jauh dari loket, karena kalau pas arena bermain sudah ON, maka suara dari speaker petugas menjadi kurang jelas,
  6. Siapkan minuman atau makanan kecil sambil menunggu

ituh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *