Be Ur Self

Allah menciptakan dan menghidupkan setiap makhluknya dengan segala sesuatu yang unik. Tak satupun dari kita sama, bahkan orang kembar sekalipun! Subhanallah…

Setiap manusia memiliki minimal satu sisi ataupun bagian yang tidak bisa ditemukan pada orang lain. Kalaupun sama pada bagian tersebut maka akan berbeda pada sisi lainnya. Itulah “mungkin” (karena aku gak tau pasti sebab turunnya ayat ini) Allah menciptakan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal dengan lainnya.

Ada hal menarik dari saling kenal ini, bahwa dengan kita saling mengenal maka kita akan tau tentang orang lain dan lingkungan diluar kita dan tanpa kita sadarai kita telah menjadi pelengkap dalam kehidupan ini. Coba kita bayangkan, seandainya Allah mencipatakan kita semua sama, tanpa ada keunikan pada tiap-tiap makhluk, maka tidak akan dinamika hidup yang bisa kita nikmati. Semua mungkin akan merasa bosan karena apa yang ada pada orang lain sama adanya dengan yang ia punyai.

Kembali pada sisi keunikan manusia, kadang atau bahkan banyak dari kita yang merasa tidak puas dengan apa yang sudah kita miliki. Banyak dari kita justru menyoroti kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita kemudian membandingkannya dengan kelebihan yang dimiliki orang lain, yang pada akhirnya menginginkan seperti apa yang dimiliki orang lain tersebut. Contoh termudah dari kasus ini adalah banyak dari kita meniru gaya baik itu model baju, tatanan rambut sampe gaya hidup sehari-hari dari orang lain (misalnya artis maupun selebriti lainnya), yang kadang malah membuat “tidak pantas” bagi diri kita.

Menurutku, yang terbaik adalah menjadi diri kita sendiri. Dengan segala sesuatu yang telah Allah ciptakan untuk kita, pastinya semua itu takkan sia-sia. Sebanyak apapun kekurangan yang ada pada diri kita, saya yakin bahwa kita masih memiliki potensi, memiliki kelebihan, yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Sekarang tinggal bagaimana kita, bisakah kita memanfaatkan kelebihan yang ada. Kekurangan diri bukan untuk disesali, diratapi atau dibenci. Kekurangan diri haruslah disyukuri, karena dibalik kekurangan itu Allah telah menciptakan sesuatu yang indah untuk diri kita, tinggal bagaimana kita bisa mencari, mengolah dan memanfaatkan kelebihan dan rahmat apa yang Allah berikan untuk kita.

So… jangan lagi kita menjadi orang lain, tapi JADILAH DIRIMU SENDIRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *