Puasa, Kemerdekaan dan Idul Fitri….

67 Tahun Indonesiaku

Kawan, mungkin sedikit terlambat bila saya baru posting mengenai kemerdekaan. Tapi mudah-mudahan bukan hal yang basi, :).

Ada yang sedikit istimewa pada perayaan Kemerdekaan tahun ini. Tahukah dirimu kawan? 17 Agustus 1945 terjadi pada hari Jum’at dan pada bulan Ramadhan. Begitupula peringatan 67 Tahun kemerdekaan Indonesia kali ini, terjadi pada hari Jumat dan bulan Ramadhan.

Peringatan 17 Agustus-an tahun ini juga berada diujung Ramadhan, sehingga ketika upacara terjadi, banyak Saudara-saudara atau rekan-rekan kita, yang sudah berada di kampung, atau mungkin tengah menjalani ritual mudik. Sebuah ritual yang hanya terjadi di Indonesia.

Ngomong-ngomong soal mudik, yang saya pahami bahwa ritual mudik adalah ajang silaturahim antar keluarga. Entah mengapa, ini menjadi sepertinya sudah menjadi suatu keharusan, sehingga dengan cara apapun hal ini selalu dilakukan. Kadang saya tidak habis fikir ketika suatu keluarga dengan beragam bawaan dan anak-anak nya naik motor menempuh ratusan kilometer demi bisa mudik. Yang menurut saya selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan keluarganya.

Tapi terlepas apapun itu, dan bagaimanapun caranya yang ditempuh, saya berharap kepada semua teman-teman dan para pembaca, yang melaksakan mudik, saya ucapkan selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan dan apa yang yang menjadi tujuannya dapat tercapai.

Akhir kata, Selamat Idul Fitri Kawan, Mohon Maaf Lahir dan Batin, Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaqwa, Aamiin…

Happy Eid Mubarak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *