Sebuah ‘bug’ di BSI

Bangga, ketika akhirnya saya diterima sebagai salah satu mahasiswa BSI. Pada saat itu, saya tidak melakukan pendaftaran di kampus, namun melakukannya secara online, pun pembayarannya saya lakukan secara online. Dan baru untuk pertama kalinya, saya mengunjungi kampus dimana saya akan melaksanakan perkuliahan adalah pada saat orientasi akademik (Ormik).

Sebagai seorang PNS, saya hanya bisa mengambil kelas malam. Begitupula pada saat Ormik. Wah… ternyata banyak yang bakal menjadi teman saya selama kuliah di BSI. Selain Ormik ada satu lagi kegiatan yang harus diikuti oleh para calon mahasiswa BSI, yakni kegiatan seminar motivasi (SEMOT), yang diadakan di Istora Senayan Jakarta. Karena Saking Banyaknya peserta SEMOT, akhirnya kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 Gelombang dengan masing-masing gelombang diikuti olah kurang lebih 9000 calon mahasiswa.

Dua kegiatan  tersebut harus diikuti oleh seluruh calon mahasiswa BSI karena dari kedua kegiatan tersebut, sang mahasiswa akan memperoleh nilai untuk mata kuliah Pendidikan Pancasila dengan cara mengirimkan jawaban kuis kegiatan ORMIK dan SEMOT tersebut ke BSI melalui SMS ke nomor yang telah ditentukan.

Namun disinilah yang saya sebut letak ‘bug’ tersebut. Sebagian besar calon mahasiswa yang mengikuti tersebut, pada saat itu mengalami kesulitan untuk melakukan pengiriman SMS, sepertinya provider pemilik nomor tujuan yang diberikan manjadi error manakala sekian ribu sms masuk dalam waktu yang bersamaan. Sehingga sang mahasiswa tidak dapat langsung mengetahui apakah SMS yang dikirimnya telah diterima atau tidak, yang berakibat pula nilai untuk mata kuliah pendidikan Pancasila tidak diketahui juga.

Nilai mata kuliah tersebut baru dapat dilihat ketika akhir semester, saat mencetak Kartu Hasil Studi (KHS). Alhamdulillah, nilai saya keluar walau Cuma dapat B. Namun saya prihatin dengan banyak teman yang ternyata nilai Pancasila-nya tidak keluar alias dapat D atau bahkan E, padahal selama Ormik dan Semot, kami bersama, yang akhirnya harus mengikuti ujian susulan untuk mata kuliah dimaksud. Anehnya, ada yang tidak mengikuti salah satu kegiatan tersebut malah nilainya keluar juga (bukan D atau E), kan gak fair bagi lainnya.

Suasana Seminar Motivasi Mahasiswa BSI Tahun 2011 di Istora Senayan Jakarta (Photo by. Setia)

Semoga, pihak BSI (jika tiba-tiba ada yang membaca tulisan ini, :D) dapat memperbaiki sistem yang ada sehingga kejadian seperti ini tidak akan terulang kembali. Paling tidak, apabila BSI ingin menerapkan hal seperti itu lagi, maka harus dipastikan bahwa nomor tujuan untuk mengirim jawaban kuis SMS dimaksud tidak mengalami error pada saat ribuan SMS masuk.

Hal selanjutnya yang mungkin perlu dipastikan adalah kehadiran mahasiswa yang bersangkutan pada kedua kegiatan dimaksud. Kalau kegiatan ORMIK ada absennya, yang SEMOT-nya yang mungkin perlu di absen, entah itu absen online, menggunakan media barcode scanner, atau absensi manual (kalau mau ribet, :D)

Dan semoga, ‘bug’ ini tidak segera di ‘patch’ oleh pihak BSI sehingga tidak menjadi ‘worm’ atau bahkan ‘virus’ yang lambat laun dapat menurunkan citra BSI sendiri. Majulah BSI-ku!

Buat teman-temanku yang nilai Pancasila-nya gak keluar : Tetep semangat ya kawan…!!

 

One Comment

  1. admin says:

    Ada Pengumuman tambahan ni buat temen-temen yang her Pancasila

    P E N G U M U M A N
    Nomor : 012/2.02/PD1-BSI/II/2012

    Tentang

    UJIAN KHUSUS MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

    Sehubungan dengan adanya kesalahan pada format pengiriman pesan singkat / Sort Message Service (SMS) untuk mengirimkan jawaban ujian Mata Kuliah Pendidikan Pancasila pada saat pelaksanaan Orentasi Akademik (ORMIK) Semester Ganjil 2011/2012 oleh mahasiswa Angkatan 2011 (Semester I), dengan ini kepada seluruh mahasiswa Angkatan 2011 (Semester I) yang mendapatkan nilai E pada Kartu Hasil Studi (KHS) Semester Ganjil 2011/2012 yang telah diumumkan pada Jum’at, 03 Februari 2012 untuk mengikuti ujian khusus untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Daftar nama mahasiswa peserta ujian khusus dapat dilihat pada laman dengan cara masuk ke dalam Ruang Mahasiswa.

    Ujian tersebut akan diselenggarakan secara online melalui laman http://www.bsi.ac.id pada tanggal 13 s/d 15 Februari 2012. Lama waktu ujian adalah 60 menit (1 jam). Pengaturan jadwal ujian adalah : Sesi I : 09.00 s/d 10.00 WIB, Sesi II : 13.00 s/d 14.00 WIB dan Sesi III : 19.00 s/d 20.00 WIB. Hasil ujian dapat dilihat pada laman http://www.bsi.ac.id mulai Minggu, 19 Februari 2012.

    Bagi mahasiswa Angkatan 2011 (Semester I) yang mendapat nilai E dan telah mendaftar Ujian Her untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila pada periode Ujian Her Semester Ganjil 2011/2012 pada tanggal 27 Februari s/d 04 Maret 2012, maka keikutsertaan sebagai peserta Ujian Her untuk Mata Kuliah Pendidikan Pancasila secara otomatis akan dibatalkan dan mahasiswa tersebut diwajibkan untuk mengikuti ujian khusus.

    Mahasiswa yang namanya masuk ke dalam daftar nama mahasiswa peserta ujian khusus, tetapi tidak mengikuti ujian khusus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan alasan apapun, dinyatakan tidak lulus (mendapat nilai E) dan Bina Sarana Informatika (BSI) tidak menyelenggarakan ujian susulan.

    Demikianlah pengumuman ini kami sampaikan. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan langsung ke Bagian Administrasi, Penasehat Akademik (PA), Ketua Jurusan atau Halo BSI dinomor telepon 500 851 atau (021) 800-0063.

    Jakarta, 06 Februari 2012
    Bina Sarana Informatika
    Pudir I Bidang Akademik
    Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom

    Tembusan :
    Direktur
    Pudir III Bidang Kemahasiswaan
    Ka. BAAK, Ka. BTI & Ka. BAKU
    Kajur
    Koordinator/Wakil Koordinator Kampus
    Halo BSI / Call Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *