SOHIB .: Sound Of Heart In Bitung :.

Tulisan ini sebenarnya sudah lama di draft blog saya (menurut catatan : last edited on 2 January 2009, woww!). Namun karena kepentok ide (hehehe) akhirnya berhenti deh… Baiklah, akan coba saya lanjutkan, dan selamat membaca, 😀

Berawal dari beberapa orang yang ingin mencoba berdakwah di kota bitung dengan lantunan nasyid. Dengan tekad yang kuat dan dengan modal seadanya, kami mencoba memulai. Saat itu 11 Juli 2006 (kalau tidak salah), bertepatan dengan milad I Forum Komunikasi Pemuda Islam (FKPI – dulu Forum Komunikasi Pemuda-pelajar Islam), kami secara resmi meng-eksiskan diri di dunia pernasyidan di Kota Bitung, dan menggunakan nama SOHIB (Sound of Heart In Bitung, suara hati di Bitung). Kesannya agak dipaksakan si, tapi lama-lama enak juga mendengarnya. SOHIB juga berarti ukhuwah atau persahabatan yang kental, sesuatu yang ingin kami bangun.

SOHIB tampil di Tomohon

SOHIB tampil di Tomohon

Awal terbentuk, SOHIB beranggotakan Suradi, Ewin, Eful, Iful, Tedy, Irwadi, Ismunandar dan saya sendiri. Sebagian besar dari kami tidak memiliki basic olah vokal ataupun choir ataupun nasyid. Tapi dengan tekad yang kuat kami terus mencoba untuk eksis. Generasi awal SOHIB mengusung nasyid acapella. Dimana Akh Suradi, akh Eful dan akh Ipul bergantian sebagia lead vokal, sementara yang lainnya dengan berbagai macam suara perkusi.

Penampilan SOHIB di Kotamobagu

Penampilan SOHIB di Kotamobagu

SOHIB mengalami banyak pergantian formasi, beberapa kali penampilan menggunakan additional player. Walaupun demikian SOHIB masih tetap eksis. Formasi yang paling solid samapi saat ini menurut saya adalah pada saat SOHIB digawangi oleh Iful, Eful, Iwan, Barak, Bocu dan Saya sendiri. Aliran nasyidnyapun mulai beragam, bukan hanya acapela saja, tetapi sudah ditambah dengan nasyid pop dan haroki. Pada saat itu dengan bantuan mas Heru (keybordis), SOHIB berhasil membuat beberapa nasyid sendiri dan beberapa kali tampil di event yang lumayan besar di Manado.

Salah satu penampilan SOHIB di Manado

Salah satu penampilan SOHIB di Manado

SOHIB sendiri telah tampil diberbagai macam acara. Dari acara pernikahan, acara organisasi, bahkan pernah masuk Radio dan televisi lokal Manado. Bisa dikatakan, sampai saat ini SOHIB telah menjadi salah satu grup nasyid yang besar di seputaran Manado dan sekitarnya.

Penampilan SOHIB pada pernikahanku, :)

Penampilan SOHIB pada pernikahanku, :)

Saat pernikahan saya (medio april 2007), SOHIB secara khusus membuat rekaman lagu sendiri yang kemudian dijadikan sebagai souvenir pernikahan saya. Yang unik dari rekaman tersebut adalah tidak dilakukan di studio yang profesional, karena jaraknya yang lumayan jauh (studio musik hanya ada di Manado), ditambah lagi keterbatasan dana tentunya, hehehe.

Jadilah kami hanya menyanyi dengan iringan minus one dari keyboard yang sudah dibuat. Live!!! dan seringnya hanya satu kali take!, tapi bagaimana hasilnya? silakan dengarkan sendiri deh di lagu berikut ini.

Sebelumnya SOHIB juga pernah melakukan rekaman yang merupakan cover dari lagu-lagu nasyid yang sering dibawakan saat tampil, dari berbagai genre nasyid. Lain kali in sya Allah saya upload lagi. Sampai saat ini masih kangen dengan suasana saat nasyid bersama. I Miss U All Brada… 🙂

4 Comments

  1. syariful lailuddien says:

    ayo bikin reuni sohib assabiqunal awwalun sampe new edition….bersama para mantan personil sohib….I Miss U 2 mas bro… 🙂

  2. anjas pujianto says:

    Iya mas pengisi acara di pernikahanku muaaaaantab wes….,
    matur nuwun mas…, sukses selalu

  3. Suradi says:

    Assalamu’alaikum…

    Such a pleasant memories. Great, keep moving brothers ups SOHIB

    Kapan2 SOHIB tampil di Ostrali dong…

    Greeting from the heart of australian nation,
    Suradi-Canberra

    1. admin says:

      Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh…

      wah… jadi tho ke Ausie-nya… oleh-oleh yo akh, kanguru… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *